Cara Mengirim Surat atau Dokumen Pada Kantor Pos

Pos Indonesia merupakan instansi pemerintahan yang menyediakan layanan pengiriman kilat, Pos indonesia juga memberikan apresiasi terbentuknya beberapa jasa pengiriman yang ada seperti saat ini misalkan JNE, TIKI dll.

 

logo-PT-Pos-Indonesia

 

Untuk anda yang ingin melakukan pengiriman baik dokumen maupun barang, berikut penjelasannya :

1. Tempat Dokumen / Amplop

Tentunya dokumen yang nigin kita kirim harus dibungkus dengan serapi dan seaman mungkin supaya dokumen atau surat yang akan kita kirim lebih aman dan tidak diketahui orang lain.

2. Tulis Alamat Lengkap Tujuan dan Pengirim.

Tulisalah alamat selengkap mungkin supaya tidak ada masalah kesamaan nama kota atau desa. Untuk alamat lengkap silahkan dibuat seperti ini:

  • Nama Penerima
  • No telp penerima yang bisa dihubungi
  • Nama Jalan
  • Nomor Rumah (bila ada)
  • Nomor RT/RW
  • Nama Kelurahan
  • Nama Kecamatan
  • Provinsi
  • Kode Pos
  • Nama Pengirim
  • No Telp Pengirim

3. Cek Tarif Ongkos Kirim

Sebelum datang ke Kantor Pos untuk melakukan pengiriman ada baiknya kita mengecek berapa Tarif ongkos kirim ke alamat yang dituju supaya kita tau menyipkan biayanya.

Prosedur pengiriman surat atau barang di ekspedisi

Pada dasarnya jika sobat sudah mempersiapkan hal diatas, setelah itu cukup datang ke ekspedisi (Kantor Pos, JNE, TIKI, dll) Kirim dokumen atau barang kita berikan ke petugas, setelah itu akan di proses lalu bayar. Begitu saja.

Langkah demi langkah prosedurnya sebagai berikut:

  • Kunjungi kantor ekspedisi yang terdekat, entah itu JNE, TIKI, Kantor Pos atau lainnya
  • Ambil nomor antrian (bila ada). Kalau tidak ada nomor antrian, langsung berikan barang / surat yang mau dikirim ke petugas.
  • Jika ingin tahu berapa ongkos kirimnya, sebelum kirimannya di proses, Andabisa tanyakan dulu berapa tarifnya ke petugas.
  • Jika setuju dengan ongkos kirimnya, petugas akan langsung memproses kiriman dengan memasukkan data-data yang diperlukan (alamat pengiriman, nama pengirim, dll).

Setelah itu sobat tinggal bayar dan akan diberikan bukti pengiriman / nomor resi / airway bill > simpan baik-baik bukti pengiriman > selesai.

Catatan:

Saat ini semuanya diproses secara online, jadi tinggal datang > berikan paket ke petugas > bayar > selesai.

Harap simpan bukti pengiriman yang tertera nomor resi / airway bill. Ini berguna untuk melacak status pengiriman surat, barang, atau paket sudah sampai mana. Untuk   melakukan pengecekan bisa dilakukan melalui website ekspedisi yang digunakan.

Sebetulnya, setiap kirim dokumen ataupun barang menggunakan jasa Pos Indonesia ataupun jasa kurir lainnya, jasa yang di tawarkan sudah termasuk di antar sampai ke alamat tujuan, jadi buat para penerima kiriman, tidak perlu repot untuk menerima kiriman sendiri di kantor Pos di desa atau kota tempat tinggal anda, hanya saja dalam beberapa kasus, hal ini tidak berlaku atau justru terbalik, ini juga di karenakan beberapa hal yang tidak disengaja, misalnya saja, alamat yang tertera pada amplop surat kiriman atau pada paket tidak lengkap, sehingga petugas pos mengalamai kesulitan antuk mengantarkan langsung ke alamat, beberapa alasan lain seperti saat di antar rumah/kantor di maksud dalam keadaan tutup sedangkan kiriman di maksud tidak bisa di taru saja di depan rumah/kantor, yang bersangkutan sudah pindah alamat, dan untuk kasus seperti ini, ada beberapa alternatif untuk petugas pos, di antaranya  menitipkan kertas pemberitahuan kalau kiriman paket/suratnya sudah tiba namun saat di antar,  tidak ada orang dirumah, jadi harus di ambil langsung di kantor Pos, atau alternatif lainya, jika di alamat paket kiriman tertera nomor telepon yang bisa di hubungi, maka akan di hubungi pihak kantor Pos. Trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>