Perkembangan Online Shop di Indonesia saat ini

Perkembangan Online Shop saat ini semakin meningkat, banyaknya pengguna internet di Indonesia yang hampir menyentuh angka 90 juta pengguna merupakan pangsa pasar yang bagus bagi para pelaku industri e-commerce. Maka tidaklah heran jika di Indonesia bermunculan e-commerce dan marketplace besar dengan modal yang bisa dibilang fantastis bagi ukuran industri di Indonesia. Sebut saja, Matahari Mall, Bukalapak, Lazada, Blibli, Tokopedia, mapemall online dan masih banyak lainya.

Maraknya bisnis online atau e-commerce saat ini membuat pengguna semakin banyak untuk melakukan belanja online seperti toko online yang satu ini, Mapemall online. Mapemall online menawarkan berbagai macam promo harga dengan brand-brand ternama baik itu pakaian anak, pria sewasa, traveling dan lainnya.mapemall-online

Dalam hal ini, ada beberapa penyebab yang membuat perkembangan potensi bisnis online shop di Indonesia semakin maju secara pesat, antara lain:

  1. Kategori produk yang bisa dijual sangat beragam.
  2. Jangkauan pengiriman barang semakin luas.
  3. Banyaknya media yang bisa digunakan untuk berjualan.
  4. Memberikian promo-promo menarik.

Berdasarkan riset Online Shopping Outlook 2015 yang dikeluarkan oleh BMI research mengungkapkan, peluang pertumbuhan pasar online masih sangat besar seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia.menurut riset dari BMI, pada tahun 2014, pengguna belanja online mencapai 24 % dari jumlah pengguna internet di Indonesia. Riset tersebut di lakukan di 10 kota besar di Indonesia terhadap 1.213 orang dengan usia antara 18-45 tahun melalui metode phone survey. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memprediksi pertumbuhan penduduk di Indonesia pada tahun 2015 mencapai 255.461.700 orang, sementara pertumbuhan pengguna internet pada tahun ini versi Asosiasi Penyelenggara Jasa Intenet Indonesia (APJII) adalah sekitar 139 juta pengguna. Hal tersebut juga merujuk pada target Kementrian Komunikasi dan Informasi yang menargetkan di tahun 2015 jumlah pengguna internet sekitar 150 juta pengguna.

Perkembangan marketplace dan online shop yang semakin meningkat tentunya menjadi ladang usaha tersendiri bagi para perusaha’an logistik. Sebut saja JNE sebagai perusahaan logistik menyebutkan 40-60 persen pengguna jasa mereka melakukan transaksi elektronik lewat dunia maya, baik menggunakan marketplace, online shop atau hanya  social media seperti facebook, instagram dan BBM.

Sebagai pengguna jasa ecommerce di online shop, Seringkali kita dihadapkan oleh berbagai pilihan dari mulai harga, kemudahan transaksi, diskon , promo ,bonus ,bahkan ongkos kirim

Seringkali kita membandingkan harga barang di toko A dengan toko B, mencari di toko C dan membandingkan harganya di toko D.

Hal inilah yang  melahirkan situs Priceza.com seabagai situs perbandingan harga sekaligus memiliki databasae produk-produk yang ditawarkan dari berbagai marketplace.

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya Apa saja yang dapat dibandingkan lewat Priceza ?

Berikut adalah hasil yang dapat dibandingkan dengan Priceza :

  • Harga, harga jual yang diberikan setiap marketplace mungkin berbeda, dan disini kita bisa membandingkan dimana harga yang lebih murah.
  • Perbandingan free ongkir, beberapa marketplace memberikan gratis biaya pengiriman kepada pelanggan. Ini juga bisa dipakai untuk menghitung total pengeluaran kita dalam membeli produk.
  • Metode pembayaran yang didukung oleh setiap marketplace beberapa marketplace mendukung layanan pembayaran cash on delivery (COD) sehingga para pembeli online yang ingin melihat-lihat barang sebelum memutuskan untuk membeli bisa lebih terbantu dengan adanya fitur ini.
  • Rating, rating dari setiap marketplace untuk memberikan rekomendasi marketplace yang terpercaya dan sesuai dengan yang di harapkan.

Demikin artikel kali ini saya tulis semoga bermamfaat khususnya untuk kalian yang ingin mengetahui riset perkembangan online shop saat ini, Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>