WeChat atau WhatsApp ?

WeChat adalah salah satu aplikasi chat yang populer untuk saat ini selain Line dan KakaoTalk.  Apakah keberadaannya ini akan menggeser WhatsApp yang lebih dulu masuk di Indonesia?
Seperti dikutip dari Tech in Asia (21/05), sampai saat ini WeChat sudah mempunyai 40 juta pengguna lebih. Itu belum termasuk pengguna tetapnya di negara asalnya yaitu China.

Saat ini pun, banyak pengguna perangkat mobile di Indonesia yang juga menggunakan WeChat dalam smartphone mereka. Sebelumnya, telah hadir lebih dahulu aplikasi sejenis yaitu WhatsApp.

Menurut yang tertulis di Wikipedia, usia dari WhatsApp dan WeChat terpaut hanya kurang lebih 1 tahun saja. WhatsApp mulai dimunculkan sekitar tahun 2009 sedangkan WeChat sekitar bulan Oktober 2010 dengan nama Weixin pada awalnya.

Sampai April 2012, pengguna WhatsApp sudah mencapai kurang lebih 2 miliar orang sedangkan WeChat sampai April 2013 lalu sudah mendapatkan kurang lebih 300 juta pengguna baik di China atau juga di negara lain, seperti dikutip dari Finance Yahoo (08/04).

Apabila sedikit dianalisis, dengan kurun waktu ‘tampil’ di dunia mobile, nampaknya WeChat memerlukan waktu yang sedikit lama untuk dapat menggeser WhatsApp, khususnya untuk kawasan Indonesia.

Memang masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa WeChat dapat mengalahkan WhatsApp, namun ada kecenderungan WeChat dapat mengimbangi WhatsApp dengan beberapa fitur-fitur menarik seperti emoticon atau sticker yang lebih lucu dibandingkan WhatsApp. Bagaimana menurut Anda?

sumber : merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>